Selasa, 09 Maret 2010



Ninja VS CBR, yah, ga bisa dibandingin head-to-head jg lah bro… secara kelasnya jg udh beda… well, emang sih sama2 sportbike 150cc, tp yg satunya 2-tak (Ninja RR), satunya 4-tak (CBR150)… sekedar info, untuk CC yang sama, perbandingan tenaga 2-tak:4-tak itu kira-kira 1,6:1… jadi, udah jelas kan mana yang lebih kenceng… :) gw pribadi pernah nyoba dua-duanya, Ninja-RR ama CBR150… soal kenceng, Ninja-RR emang gada matinya… gw nyoba di Jl. Gatot Subroto, tarikannya cepet banget, speed bisa tembus sampe 180km/jam (beneran, gak bohong gw, boleh coba sendiri kalo gak percaya), dan itupun speedometer-nya masih mau naik lagi… lewat dari itu, gw dah gak berani ngeliat speedo lagi, gw cuma terusin ngegas aja… hehehe :D

klo CBR150, gw pernah coba sampe 170km/jam (kebetulan motor gw sendiri), segitu sih udah mentok, dengan catatan dilakukan sedikit modifikasi (ganti knalpot, setting ulang karbu, ganti CDI)… klo pas masih standar, gw bisa dapet sekitar 150km/jam… Ninja-RR: pros: akselerasi & speed oke (banget), bentuk bodi lebih ‘kekar’, mesin 2-tak perawatannya lebih murah (beda ama 4-tak yg ‘kena’ di satu bagian, menjalar ke yg lain) cons: bensin boros (tipikal 2-tak); sekitar 25km/liter, masih perlu oli samping, berisik dan asap ngebul (lagi-lagi tipikal 2-tak; walopun asap ngebul bisa diminimalisir dengan penggunaan oli samping jenis low-smoke) CBR150: pros: bodi lebih ramping (lebih enak buat nyelip-nyelip), bensin irit (punya gw, dengan modifikasi ringan di mesin, masih bisa tembus 40km/liter) cons: akselerasi & speed jauh dibanding Ninja-RR yah, semua balik ke selera masing-masing sih… tinggal pilih mau yg mana… kalo mau yg bener-bener kenceng, ya ambil Ninja-RR, tapi harus siap dengan konsekuensi ngisi bensin lebih sering, dan oli samping juga harus diperhatikan. kalo kenceng gak jadi prioritas, dan pengen yg lebih irit, boleh ambil CBR150… gw pribadi, setelah sempet bingung milih, akhirnya gw menjatuhkan pilihan kepad CBR150, dengan pertimbangan irit, bodinya ramping, dan masih built-up Thailand (Ninja-RR rakitan lokal, yg versi Thailand-nya namanya KRR ZX150)… dan gw pribadi ngerasa bahwa ‘kenceng’nya CBR150 udh cukup buat konsumsi perjalanan gw sehari-hari… ga butuh yg kenceng2 amat, hehehe… the choice is yours, bro! :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar