Selasa, 09 Maret 2010

Perawatan Sepeda Motor

Cara membersihkan karburator
Karburator salah satu komponen yang paling penting kalau motor kita ingin enak diajak jalan. Harus rajin-rajin membersihkan karburator.
Caranya:
1. Bersihkan filter udara/penampung debu.
Lepaskan filter udara yang terpasang pada mulut karburator, lepas busa filter lalu bersihkan dengan cairan pembersih, kemudian biarkan kering sendiri. Jangan dibersihkan dengan cara disemprot udara bertekanan tinggi, karena dapat menyebabkan rusaknya pori-pori busa filter tersebut.
2. Bersihkan karburator.
Buka karburator dengan cara melepas baut-baut pengikat, tutup karburator, katup cuk/choke, kran bensin. Gunakan kunci yang sesuai agar alat-alat tersebut tidak gampang dol. Lepas komponen-komponen karburator lalu tempatkan dalam wadah yang berisi cairan pembersih, biar gampang paka aja cairannya bensin. Lepas mangkok karburator, pelampung dan jarum pelampung, main jet, pilot jet, dan yang lainnya. Hati-hati terhadap parts yang kecil-kecil dan seal/karet pelindung, tempatkan dalam wadah yang mudah terlihat, agar nanti saat pemasangan tidak bingung mencarinya.
Jika sudah terlepas semuanya maka bersihakan karburator dengan kuas, lalu semprot lubang-lubangnya dnegan udara bertekanan tinggi. Gunakan amplas halus untuk membersihkan kotoran pada spuyer-spuyer, Jangan terlalu banyak mengamplasnya, karena dapat menyebabkan perubahaan ukuran diameter spuyer. Setelah bersih, pasang kembali spuyer-spuyer tersebut. Gunakan obeng spuyer dan pengecangannya jangan terlalu keras, cukup gunakan dua jari pada ujung obeng.
3. Setel tinggi pelampung.
Sebelum dipasang komponen-komponen karburator, jangan lupa untuk mengatur tinggi pelampung bensin dengan menggunakan jangka sorong/stigmat.
4. Rakit karburator.
Pasang kembali bagian-bagian karburator yang tadi dilepas. Rakit karburator dan filter udara dengan dipasangkan kembali pada lubang mesin. Lalu setel kongdisi langsam motor pada keadaan mesin hidup. Setel spuyer angin-angin dengan cara memutar searah jarum jam smpai mentok, lalu putar balik beberapa putaran sesuai dengan standar mesin atau kondisi mesin motor kita.
Setel juga baut penyetel langsam yang terletak di pinggir badan karburator. Setel pada keadaan panas mesin yang ideal. Setelan putaran mesin jangan terlalu rendah atau pelan, hal ini dapat menyebabkan oli tidak dapat naik karena tidak terpompa akibat rendahnya putaran mesin.
NB : Utk jangka waktu pembersihan karburator jangan terlalu sering dilakukan krn dpt mmbwat baut cpt aus klo sering dibongkar pasang. ya minimal 3 bulan sekali dibersihkan ok bro salam bikers Brotherhood Megapro Independen.

Cara Kerja Busi
Busi dapat bekerja jika tersambung ke CDI yang mempunyai tegangan ribuan Volt yang dihasilkan oleh lilitan penyala (ignition coil). Elektron yang terdorong masuk dari lilitan akan menghasilkan perbedaan tegangan antara elektroda di bagian tengah busi dengan yang di bagian samping busi.
Arus tidak dapat mengalir karena adanya bensin dan udara di celah busi, namun jika semakin besar perbedaan tegangan, maka struktur gas di antara kedua elektroda tersebut berubah. Pada saat tegangan melebihi kekuatan dielektrik gas yang ada, maka gas-gas tersebut mengalami proses ionisasi sehingga arus dapat mengalir.
Dengan mengalirnya elektron, maka suhu di celah percikan busi naik drastis (sampai 60.000 K ). Suhu yang sangat tinggi ini membuat gas yang terionisasi dapat memuai dengan cepat, sehingga terjadi ledakan kecil. Inilah yang disebut percikan busi, yang pada prinsipnya mirip dengan halilintar atau gundala putra petir.
NB: Cara atasi busi tiba2 mati waktu touring ke luar kota, malam2 tidak ada bengkel yang jual sperpart busi. Pertama copot businya, lalu perhatikan ujung besi yang melengkun seperti huruf u itu, ada batang bulat panjang nah di samping bulatan pajang itu ada seperti mika kaca elektroda istilahnya, nah coba ambil obeng – pecahkan elektroda yang berwarna putih itu sekitar batang itu sampai ke bawah dan sampai keliatan batang aslinya setelah itu bersikan pakai bensin, lalu coba pasang pasti nyala. tapi jangan lupa ya bro itu hanya bersifat sementara sampai ada manganti busi baru di benkel terdekat. ok moga berguna, salam bikers.
Jadi hati-hati kalau lagi ngecek arus busi, jangan sampai kesetrum, arusnya gede banget Bro.
Hati-Hati Pilih Ban Dalam
Paling kesal kalau lagi enak jalan-jalan, tiba-tiba ban dalam motor kempes atau pecah, mau nggak mau harus dorong ke tukang tambal ban. Tapi jangan sembarangan pilih ban dalam. Salah pilih jenis ban dalam bisa rugi, sebentar aja dipake nanti kempes lagi, dorong lagi, cape deh.
Ternyata ada dua jenis loh ban dalam sepeda motor itu, yaitu :
1. NR (Natural Rubber)
2. Butyl
Butyl bahannya dari senyawa polimer. Bahan ini punya kelebihan dalam penyimpanan angin. Butyl kehilangan 4% tekanan angin selama 12 hari pemakaian, sedangkan NR lebih dari 14%. Kalau untuk pemakaian 28 hari, butyl kehilangan cuma 9%, sedangkan NR 28%.
Ban dalam butyl bahannya lebih ringan 20% dibandingkan NR. Jadi kerja motor lebih ringan, tarikan lebih enteng, bensin lebih irit.
Penerimaan tekanan angin butyl lebih merata dibandingakn NR. Hal ini disebabkan bahan dasar natural ruber ngggak bisa berubah/kaku. Jadi kalau ada bagian ban NR yang lebih tipis permukaannya, maka angin yang tersebar tidak merata, kalau butyl tetap merata. Kalau lagi apes bagian yang nggak merata ini kena paku, bisa-bisa langsung meledak, bahaya kan ? Kalau butyl nggak bakalan meledak, anginnya keluar pelan-pelan, soalnya merata pembagian tekanan anginnya.
Cara memilih ban dalam butyl : lihat garis pada sisi ban, standard internasionalnya ban butyl bergaris biru, kalau selain warna biru berarti NR. Gampang kan ?
Makanya kalau mau ganti ban, jangan salah pilih, sekarang ini banyak ban murah yang kualitasnya nggak jelas, terkadang kita terpaksa beli karena di bengkel tersebut cuma ada ban jenis itu, daripada kita harus dorong jauh nyari lagi tukang tambal ban. Kalau bisa sediakan aja ban dalam di bagasi, nggak makan tempat kok. Sediakan ban dalam belakang aja, biasanya roda/ban belakang lebih sering kena paku. Lebih bagus lagi sih sediakan dua-duanya. Atau biar gampang samain aja ukuran ban depan dan belakang.
Selamat memilih ban dalam, semoga tulisan ini dapat membantu bikers. OK brothers ?
Cara Ngecek Kerusakan CDI
CDI adalah jantungnya mesin motor kita, kalau rusak gawat deh, yang orisinal harganya ratusan ribu rupiah, bahkan jutaan. Kalau pake yang imitasi susah langsamnya sama agak ribet ngatur setelannya, harus diakalin dulu. Jadi waspadai nih si CDI.Kerusakan pada CDI tidak bisa dilihat dengan mata telanjang, harus diukur pake Avometer.
Caranya :
1. Setel avometer pada sinus 200 Volt.
2. Kabel merah avometer dihubungkan ke kabel CDI yang menuju koil.
3. Kabel hitam avometer dihubungkan ke massa/bodi.
4. Nyalakan motor/starter motor dengan kick starter, lalu lihat di avometer apakah ada arus/setrum yang keluar atau tidak ?
5. Bila tidak ada maka CDI rusak, dengan catatan arus/setrum dari sepul dan pulser ada yang mengalir ke CDI. Jadi sebelumnya cek dulu arus tersebut, caranya sama seperti di atas, hanya saja kabel merah avometer dihubungkan ke kabel sepul yang menuju CDI.
6. Kalau nggak ada avometer, coba aja kabel dari CDI yang menuju koil di sambungkan ke body besi motor, terus starter. Kalau ada percikan api berarti CDI masih bisa dipake, kalau nggak ada percikan api berarti CDI rusak, dengan catatan arus/setrum dari sepul dan pulser ada yang mengalir ke CDI.
OK, semoga berguna tulisan ini.
Pengaruh Getaran Motor Pada Tubuh
Hati-hati buat bikers yang sering mengendarai sepeda motor, terutama untuk kesehatan syaraf di bagian tulang belakang, leher, pinggang dan pergelangan tangan.
Hal in dapat membuat syaraf punggung terjepit oleh tulang belakang. Apalagi jika getaran tersebut terjadi berulang-ulang secara berkesinambungan, ditambah perubahan gaya hidup, kekurangna nutrisi, dan keturunan.
Pada saat kita menerima getaran dari motor, maka tubuh akan membebankannya pada tulang belakang. Tulang belakang mwmpunyai peredam semacam bantalan. Dengan adanya getaran tersebut maka akan menyebabkan bantalan itu mengeras karena beradu antar tulang. Sehingga tumbuh tulang baru disamping ruas tulang tadi yang dapat menjepit susunan urat syaraf di tulang belakang/pungung.
Bagian tubuh lain dapat juga terjadi pada tangan yang menerima getaran pada setang setir. Otot di tulang leher yang menahan berat helm.
Biar nggak sakit tulang punggung, maka bikers harus menjalani gaya hidup sehat, makan makanan yang bergizi, olahraga teratur, jangan merokok dan minum minuman berakohol, dan jangan makan makanan berkolesterol tinggi.
Jadi olahraga deh rajin-rajin.
Sakit itu mahal, jadi cari yang murah aja.
Sehat – Olahraga.
Arti Warna Kabel Kelistrikan Sepeda Motor
Warna kabel tiap merek motor berbeda-beda. Pada dasarnya warna kabel itu hanya mewakili muatan positif(+) dan negatif (-).
Berikut penjelasannya arti warna kabel kelistrikan sepeda motor :
1. HONDA
Hijau : (-) masa, berlaku untuk semua negatif
Merah : (+) aki
Hitam : (+) kunci kontak
Putih : (+) alternator pengisian
(+) lampu dekat
Kuning : (+) arus beban ke saklar lampu
Biru : (+) lampu jauh
Abu-abu : (+) flasher
Biru Laut : (+) sein/reting kanan
Oranye : (+) sein/reting kiri
Coklat : (+) lampu kota
Hitam-Merah : (+) spul CDI
Hitam-Putih : (+) kunci kontsk
Hitam-Kuning: (+) koil
Biru-Kuning : (+) pulser CDI
Hijau-Kuning: (+) lampu rem
2. YAMAHA
Hitam : (-) masa, berlaku untuk semua negatif
Hijau : (+) arus beban penerangan
Merah : (+) arus positif dari aki
Kuning : (+) lampu jauh
Coklat : (+) sein/reting kiri
Hijau : (+) arus beban (penerangan, dll)
Putih-Merah : (+) pulser CDI
Hijau-Hitam : (+) rem
3. SUZUKI
Hitam-Putih : (-) masa, berlaku untuk semua negatif
Putih-Merah : (+) pengisian dari magnet
Putih-Biru : (+) koil ke CDI
Putih-Hitam : (+) lampu rem
Kuning-Putih: (+) penerangan/lampu
Biru-Kuning : (+) pulser ke CDI
Merah : (+) aki
Oranye : (+) kunci kontak
Abu-abu : (+) lampu belakang
Hijau Muda : (+) Sein/reting kanan
Hitam : (+) sein/reting kiri
4. KAWASAKI
Hitam-Kuning: (-) masa, berlaku untuk semua negatif
Putih-Merah : (+) aki
Merah-Hitam : (+) lampu jauh
Merah-Kuning: (+) lampu dekat
Abu-abu : (+) Sein/reting kanan
Hijau : (+) sein/reting kiri
Biru : (+) lampu rem
Merah : (+) lampu belakang
Coklat : (+) klakson
Semoga berguna, awas salah positif dan negatif, nanti motornya kebakaran.
Salam Bikers
Cara Ganti Oli
Buat perawatan motor, ganti oli adalah hal yang paling penting, terutama untuk motor 4 tak yang kebanyakan ada di dunia. Motor 2 tak kebanyakan udah nggak dibikin lagi sama pabrik. Apalagi udah ada standar euro II.
Cara ganti oli yang disarankan :
1. Ganti oli pada saat kondisi mesin panas, tujuannya agar oli mudah mengalir pada kondisi panas.
2. Ganti oli nggak usah nunggu semalaman dikuras, hal ini tidak terlalu berpengaruh, apalagi kita memerlukan waktu itu untuk aktivitas.
3. Pilih oli yang cocok untuk jenis motor kita, mau sintetis atau bukan, sama aja. Zaman sekarang kebanyakan oli sudah disesuaikan dengan kondisi motor kita. Jadi belum tentu oli sintetis bikin slip kopling. Tapi jangan pake oli sintetis buat mobil karena oli tersebut tidak dapat melumasi bagian transmisi.
4. Waktu oli dikuras, nggak usah disemprot kompresor, hal ini tidak terlalu berpengaruh apalagi dikhawatirkan angin kompresor tersebut mengandung air.

Ngakalin Kampas Kopling Supaya Awet
Buat yang lagi kesulitan duit, terus kampas koplingnya udah agak-agak aus, ini ada triknya buat menghemat uang biar nggak usah beli kampas kopling selama beberapa bulan.
Caranya :
Rendam kampas kopling yang sudah aus tadi di larutan bensin, kurang lebih satu jam aja. Setelah itu dikeringkan dan dipasang kembali seperti semula. Ketebalan kampas kopling yang aus dan baru berbeda jauh, hanya saja kalau sudah aus maka kampasnya agak keras dibandingkan dengan yang baru.
Tetapi dengan cara diatas kampas kopling yang sudah aus pun akan melunak, karena adanya bensin tadi, sehingga nggak slip. Yah lumayanlah untuk jarak sekitar 6.000 kilometer-an. Jarak pakai kampas kopling yand direndam ini tentunya berbeda-beda, tergantung tipe motornya, apakah pake kopling manual atau otomatis.
Silakan dicoba.
Cara Ngecek Regulator Rusak
Regulator pada sepeda motor diperlukan untuk mengatur supply arus dari mesin ke aki, biar stabil. Supaya akinya awet. Yang pake aki kering (free maintenance) jangan sembarangan pake regulatornya. Akinya lebih sensitif dibandingkan aki basah.
Cara ngeceknya:
Gampangnya regulator rusak itu tandanya tidak bisa lagi mengisi setrum ke aki. Bahkan terjadi kelebihan ngisi aki (overcharge) sehingga kemungkinan terjadi kebocoran pada aki. Tanda hal tersebut terjadi adalah seringnya bohlam lampu utama putus ketika mesin kita geber.
Cara Menghilangkan Kerak/kotoran Pada Motor
Kotoran kerak jamur/debu yang menempel pada sepeda motor lama kelamaan akan mengeras dan susah dibersihkan.
Biar gampang dibersihkan pakai aja sodiuym cyclamate (biang gula).
Caranya :
1. Beli biang gula di toko yang jual bahan makanan/kue, cukup rp. 2000 satu bungkus.
2. Campur biang gula (cukup seperempat aja) dengan air panas (setengah gayung), masukan bubuk deterjen (setengah sendok makan).
4. Aduk biar larut, oleskkan larutan tadi pada permuakaan kotoran yang menempel. Biarkan selama 5 menit.
5. Lalu bilas dengan air bersih dan jangan lupa dilap sampai kering. Beres deh.
Hal ini dapat dilakukan pada permukaan besi atau plastik. Silakan dibuktikan.
Semoga tulisan ini berguna. Salam Bikers
Cara ngecek kerusakan flasher reting
Flasher adalah komponen yang membuat reting/lampu tanda belok berkedip secara otomatis.
Biasanya kalau dicek bola lampu dan kabel poenghubungnya dalam keadaan baik, maka penyebab matinya reting/lampu tanda belok adalah kerusakan pada flasher. Tinggal cek aja.
Caranya :
1. Lepaskan flasher dari cop kabel.
2. Kemudian cop kabel tadi dihubungkan langsung dengan seutas kabel. Setelah itu baru dicoba hidupkan reting secara bergantian.
3. Jika lampu reting menyala meskipun tidak berkedip, berarti ada kerusakan pada flasher.
4. Tapi jika lampu reting mati, maka kerusakan bukan hanya pada flasher tapi juga pada kabel-kabel penghubungnya yang harus dibetulkan.
Modifikasi Motor: Pakai Limbah atau Aftermarket?
Modifikasi yang sering disingkat para bikers dengan istilah modif, sejatinya dilakukan untuk meningkatkan performa dan tampilan. Biar lebih manis dan lebih fungsional. Hanya saja, kadang kita bingung modif mulai dari mana, dengan apa, di mana?
Bagi banyak orang modif dimulai dari tampilan. Sengaja demikian karena lebih mudah terlihat. Istilahnya agar tampil beda. Tampilan tersebut menyangkut bodi, sasis, stang, maupun ajrutan (kaki-kaki). Bodi bisa dicat-ulang agar lebih manis. Klir disesuaikan atau diberi sentuhan finishing yang lebih semarak. Bagi sebagian lagi, dimulai dari mesin dan sasis. Gunanya untuk meningkatkan kecepatan sekaligus memperbaiki pengendalian (handling).
Pertanyaan selanjutnya, dengan apa modif dilakukan. Apakah perlu menggunakan libah motor gede (moge) ataukah cukup menggunakan perangkat aftermarket?
Kebanyakan pemula modifikasi memulainya dari barang-barang yang tersedia dipasar yang disebut aftermarket. Di samping lebih murah, juga lebih mudah didapatkan. Tak kalah pentingnya gampang dicicil satu persatu.
Dalam kasus Indonesia, barang-barang aftermarket berkualitas masih relatif sulit ditemukan. Rata-rata barang yang ada di pasaran berasal dari Thailand dan China. Dengan modal meniru berbagai komponen versi motor buatan Jepang atau Italia yang lebih bermutu, pasar modifikasi kita dibanjiri berbagai perangkat pemanis motor.
Di negara seperti Thailand, hampir seluruh modifikasi didasarkan pada barang aftermarket. Demikian pula halnya di Eropa dan Amerika Serikat. Pertumbuhan industri manufaktur otomotif sudah sedemikian pesat sehingga hampir setiap tipe motor yang baru juga disertai versi upgrade modifikasinya. Di samping itu kultur industri otomotif di negara-negara tersebut membuat orang lebih nyaman dan cepat untuk memasang perangkat aftermarket yang tersedia di mana-mana daripada harus berburu limbah dan menunggu modifikasi selesai.
Bagi yang tidak puas dengan barang aftermarket sehingga ingin memodifikasi secara ekstrim, kebanyakan bikers berusaha mengaplikasikan limbah moge di besutannya. Keuntungan aplikasi perangkat moge, seperti garpu sok depan, swing arm dan sok set, hingga body set, memberikan tampilan lebih kekar dan stylish. Bahkan tidak jarang, limbah memberi keuntungan lebih dari sisi kekuatan dan kenyamanan.
Banyak limbah yang tersedia di pasaran saat ini untuk diaplikasi pada motor-motor sport turing seperti Tiger, Scorpio, atau Thunder. Yang sedang banyak dipasaran adalah limbah Aprilia rs 125, Cagiva Mito, Honda NSR Hornet, Suzuki GSXR 400, Honda CBR 400, dan Yamaha TZR. Total biaya untuk menebus limbah saja rata-rata dibutuhkan 5-7 juta. Dengan memasukkan unsur pemasangan, setting dan balancing ulang, serta ongkos pernak-pernik untuk merapikan modifikasi, maka biaya modifikasi dengan limbah bisa membengkak menjadi 7-10 juta.
Jika butuh yang lebih berkelas bisa juga mengorder limbah Aprilia RS 250, Honda RVF/VFR, bahkan Ducati versi Massimo Tamburini. Biaya pembelian limbahnya saja bisa mencapai 12-15 juta. Tambahkan ongkos pasang/setting dan pengrapian di sana-sini. Total biaya bisa mencapai 15-17 juta. Hanya saja limbah jenis ini harus diorder khusus karena tidak banyak tersedia dipasaran.
Menyangkut tempat modifikasi sangat bergantung pada komponen yang digunakan. Biasanya modifikasi barang aftermarket bisa dilakukan oleh montir semi profesional di bengkel-bengkel asesori motor. Ini mengingat barang aftermarket biasanya sejak awal dimanufaktur sesuai setting standar motor yang beredar dipasar dan bisa langsung pasang alias bolt-on.
Sebaliknya untuk pemakaian limbah moge, hampir dipastikan harus dilakukan dibengkel/workshop modifikasi. Sebab setiap limbah memiliki karakteristik yang belum tentu langsung padu dengan motor yang ingin dimodif. Karena itu, modif limbah lebih banyak memasukkan unsur kreasi seni bersama-sama dengan kemampuan mekanis sang modifikator. Selamat mencoba. “Inga-inga, sekali terjangkit virus modif, menghentikannya harus dengan jual motor.”
Bikin Spatbor Ori Jadi (Ala) Supermoto
Buell Ulysses My Pio My Pio – Tampak Depan
Jujur aja, gw sebenernya gak begitu suka model ala supermoto. Gw lebih ngerasa sreg dengan tampilan motor ala naked biked, street fighter ato cruiser. Tapiiii … berhubung motor gw kali ini default-nya udah monoshock, kenapa gak coba dibikin jadi (semi) supermoto? Mumpung modal awal udah ada khan? Yaa monoshock-nya itu … hehehehe. Apalagi kebetulan juga udah dipermak jadi nonggeng abisss ..
Maka, mulai deh gw browsing gambar2 supermoto yang berserakan di internet. Akhirnya, ketemu satu gambar: Buell Ulysses. Hmmmm ….
Tapi yang mau gw ambil, cuma bentuk spatbor depannya aja, lho. Karena kalo mo ngikutin persis sampe ke bagian-bagian lainnya .. wuiiih … biayanya mungkin bisa buat beli 1 motor lagi, kalee
Kenapa gw mengacu, terutama, pada Buell Ulysses? Karena gw liat, dia tetep pake pelek palang. Amaaan … jadi gak usah ganti ke pelek jari2 :D .
Kedua, spatbor-nya masih pake model ala spatbor motor2 non-trial (gw jurang sreg ama spatbor depan-nya motor trial .. gak tau kenapa).
Biar keinginan gak cuma mampet di otak (trus berkarat jadi kram di otak… ikikikik), maka langsung gw bawa motor gw ke workshop las rekanan. Diskusi bentar (tepatnya, mencari pembenaran akan angan-angan … hehehehe), langsung hajar bleh. Lepas spatbor depan ori, gerinda dan potong (lihat Pic 1 & Pic 2).
Spatbor Depan Supermoto – Pic 1 Spatbor Depan Supermoto – Pic 2
Terus-terang, gw sendiri belum tau akan jadi seperti apa nantinya. Tapi justru karena rasa penasaran itu, maka gw manteb-in hati untuk ‘eksperimen’ kecil-kecilan, start dari spatbor ori Pio gw
Kalo gagal, yaa tinggal beli spatbor baru. Gitu ajah kok ya refoottt …
Tapi setelah spatbor ori dibelah dua, rasanya mulai keliatan bentuk supermoto wannabe-nya (lihat pic 3). So, proses berlanjut dengan bikin tatakan buat spatbor atasnya, dari plat tebal 1 mm (lihat Pic 4), yang ditempel di dudukan headlamp (ini untuk motor Scorpio ya? Gak tau apa di motor lain dudukan headlamp-nya akan sama seperti ini).
Spatbor Depan Supermoto – Pic 3 Spatbor Depan Supermoto – Pic 4
Setelah kelar urusan bikin dudukan spatbor atas tersebut, maka dipasanglah spatbor yang udah ‘dibelah-belah’ tadi. Hasil akhirnya bsia dilihat di Pic 5.
Spatbor Depan Supermoto – Pic 5
Dipatut-patut, tampak depan udah lumayan seperti yang tadinya ada di bayangan gw akan sebuah sosok “supermoto-supermoto”-an (hehehehe). Tapi begitu dilihat dari samping, waks! Ada sesuatu yang aneh. Bisa jadi karena shock depan ori yang (keliatan jadi) kurus, dan spatbor yang tidak menutup batang shock dengan penuh.
Akhirnya gw buka-buka lagi gambar-gambar Buell Ulysses dan supermoto lainnya yang jadi acuan awal. Ngeliat spatbor depannya, langsung terbayang di otak gw spatbor depan Yamaha Mio. Posisi default spatbor depan ori Mio adalah menggantung di atas, bukan menempel di tengah batang shock. So, gw cabut ke dealer Yamaha Bogor di jalan Pajajaran, dan nebus 1 spatbor ori Mio di sana (harganya = IDR 59rb).
Sampai rumah, karena penasaran, langsung gw ‘aniaya’ (hehehehe) tuh spatbor Mio. Cuma kali ini, total gw ilangin sisi kiri dan kanan-nya.
Tempel di Pio … dan VOILA! Jauh lebih mendekati akan gambaran gw dari kaki depan Buell Ulysses di Yamaha Scorpio (walau sebenernya sih, masih jauh banget dari yang sebenernya … bwehehehehe).
So, mission accomplished! Minimal untuk sekarang ini, gw udah cukup puas dengan tampilan kaki depan My Black Pio
Karena kalo tampilannya mau dijadiin ‘lebih’ supermoto lagi, idealnya (IMHO) kudu ganti headlamp (bisa pake punya FU atau Hella twin-lamp) plus pasang hand-guard dan windshield. Next project-lah …
Tips Tambahan:
Juga ada cara lain bikin tampilan spatbor depan ala supermoto, yang sebenernya jauh lebih simpel. Datang aja ke dealer Kawak, beli spatbor depan Kawak bebek ZX 130. Trus pasang spatbor tersebut menutupi bagian tengah batang shock. Dijamin tampilan motor Bro akan langsung berubah jadi ala supermoto
.
Ps:
Sekadar tambahan info kenapa gw gak mau pake spatbor dari fiber, kembali karena posisinya yang nantinya akan menggantung. IMHO, agak riskan kalo spatbor fiber dibikin seperti itu. Khawatirnya lama-kelamaan akan retak dan patah karena guncangan. Ato mungkin ada Bro disini yang mau coba pake spatbor dari bahan fiber …? ;) . Ditunggu share-nya disini …
Pengering Helm Murah meriah
Sebenernya, tips ini udah rada basi sih. Dalam pengertian, era kejayaan musim hujan udah mulai berakhir (hehehehe) … dan konon udah ada beberapa Bro yang menerapkan trik ini.
Eniwei, gak ada salahnya gw coba share disini. Siapa tau ada Bro lain yang belum pernah denger ….
Anda biker?….helm anda sering basah karena keringat atau hujan mungkin? Punya Magic Jar dirumah? Kini anda bisa manfaatkan magic jar anda sebagai alat pengering helm.Ya!, magic jar bisa kita manfaatkan sebagai alat pengering helm, tips ini saya temukan secara tidak sengaja, ketika tutup magic jar saya rusak sehingga tidak bisa menutup rapat. Sebagai gantinya saya gunakan helm sebagai pemberat tutup magic jar – sehingga bisa menutup rapat dan berfungsi dengan baik.
Untuk mengeringkan helm cukup letakan helm anda diatas magic jar yang sedang bekerja (lihat gambar), uap panas yang keluar dari magic jar akan memanaskan bagian dalam helm dan setelah cukup lama akan mengeringkan busa helm yang basah. Mudah2an bakteri di helm juga ikut mati hehehehe, praktis, aman dan tanpa bahan kimia.Helm anda yang semula lembab akan menjadi kering dan hangat.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar